Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Secara Alami

Tips Cara Menghilangkan Bekas Jerawat

Jerawat.org – Jerawat, tentu dianggap sebagai salah satu penyakit yang mengganggu penampilan seseorang. Cara menghilangkan bekas jerawat menjadi kata yang banyak dicari oleh para penderita jerawat akut.Bahkan setelah sembuh dari jerawat, yang membuat jengkel adalah adanya bekas jerawat yang nampak pada muka yang menghitam dan kadang membuat lubang pada kulit. Tentu saja ini sangat mengganggu bagi penampilan seseorang.  Sebenarnya ada beberapa cara menghilangkan bekas jerawat secara alami. Baik itu jerawat yang terdapat pada pada muka maupun pada bagian tubuh yang lainnya.

cara menghilangkan bekas jerawatJerawat yang meninggalkan bekas sebenarnya berawal dari perawatan dan cara menghilangkan jerawat yang tidak benar dan salah mengatasi pengobatan jerawat. Misalnya pada kasus cukup parah dimana komedo yang berisi nanah yang terdapat pada muka, ini merupakan jenis jerawat yang cukup serius dan seringkali meninggalkan bekas luka setelah sembuh. Pada perawatannya, jenis jerawat ini harus dilakukan cara menghilangkan jerawat dengan benar dan juga teratur. Hindari untuk memencet jerawat saat jerawat itu sedang dalam kondisi keras dan bernanah, karena akan berakibat luka lubang pada kulit setelah sembuh.

Awal munculnya luka pada bekas jerawat diakibat penanganan cara mengatasi jerawat yang sembrono dan salah kaprah, dimana seringkali jerawat yang bernanah dipencet hingga berdarah dan ini nantinya berakibat fatal pada kulit bekas jerawat tersebut. Mungkin dengan memencet jerawat akan segera pecah dan nanah hilang, namun hal tersebut sebenarnya malah membuat bakteri yang ada dikuku berpindah ke luka bekas jerawat dan juga menyebabkan pecahan nanah bekas jerawat akan mengenai kulit yang masih sehat, yang menyebabkan kulit tersebut bisa langsung tertular terkena jerawat.

Cara Menghilangkan Noda Bekas Jerawat

Remaja dan pemudi sangat rentan terkena jerawat, hal ini karena usia 14 hingga 20 tahun hormon dari anak ABG sedang tinggi dan ini menyebabkan timbulnya jerawat batu pada tubuh. Aktifitas kelenjar pada tubuh yang meningkat menyebabkan produksi sebum yang juga naik. Hal ini menjadi jerawat setelah tumpukan sebum tersebut bercampur dengan kotoran yang ada diantara sel kulit dan pori-pori kulit dan akhirnya menyebabkan tersumbatnya pori pori. Nah saat kondisi seperti ini bakteri propionobacterium acnes yang merupakan penyebab utama timbulnya jerawat akan hidup dan berkembang biak dengan cepat dilokasi penyumbatan kotoran dipori-pori kulit.

Inilah awal muasal munculnya jerawat yang semakin lama akan semakin banyak. Biasanya yang terkena jerawat adalah lokasi kulit diwajah, dada punggung dan sekitar pundak. Dan anehnya, kebanyakan bekas jerawat yang tertinggal adalah jerawat yang ada dipipi dan sekitar wajah, jarang bekas jerawat batu ada di punggung atau didada, kenapa demikian? nah.. hal ini disebabkan karena jerawat yang ada dimuka dan dipipi serta jidat seringkali dipencet dan ditekan dengan sengaja untuk menghilangkannya, hal ini sebenarnya malah kesalahan dalam mengobati jerawat. Karena dengan dipencet jerawat akan membekas bahkan akan meninggalkan bekas cekungan pada kulit.

Sebelum kita beranjak pada cara menghilangkan bekas jerawat pada wajah, ada baiknya kita baca dulu mengenai hal yang sebaiknya kita lakukan untuk mengatasi dan mencegah terjadinya atau munculnya jerawat.

Hal Untuk Mencegah Noda Bekas Jerawat

Berikut adalah beberapa tindakan yang perlu kita lakukan untuk mencegah agar terhindar dari jerawat. Yang pertama adalah menjaga kebersihan tubuh terutama hal ini adalah kebersihan kulit khususnya area wajah punggung dan dada.

Gunakan pembersih wajah yang cocok dengan jenis kulit anda, hindari penggunaan make up berlebihan bagi wanita karena kotoran dan debu akan mudah menempel pada muka dengan make up yang terlalu tebal. Biasakan untuk membersihkan muka sebelum tidur, hal ini akan menyebabkan pori-pori wajah akan menjadi bersih dari kotoran yang menyumbat pori pori kulit wajah.

Cara Menghilangkan bekas jerawat yang muncul pada muka

Setelah kita melalui tahapan pengobatan jerawat dan kita telah berhasil mengobati jerawat, maka seringkali keluhan luka bekas jerawat menjadi hal yang membingungkan bagi orang yang pernah terkena jerawat. Kebanyakan mereka mencari tahu bagaimana cara menghilangkan bekas jerawat yang ada pada muka agar tidak menimbulkan rasa rendah diri.

Mungkin banyak cara menghilangkan bekas jerawat telah coba dilakukan, dan belum juga berhasil, nah berikut adalah tips untuk mengatasi dan menghilangkan bekas jerawat. Sebenarnya banyak caranya, salah satu yang paling aman adlaah dengan menggunakan bahan yang alami untuk menghilangkan bekas jerawat yang ada. Gunakan bahan alami untuk menghilangkan jerawat dan bekas jerawat yang membandel pada kulit.

Beberapa cara menghilangkan bekas jerawat dibawah ini barangkali bisa anda jadikan pedoman untuk menghilangkan bekas jerawat dimuka anda.

Cara menghilangkan bekas jerawat dengan menggunakan Baking Soda

Salah satu cara untuk menghilangkan bekas jerawat adalah dengan menggunakan baking soda, dimana nantinya bekas jerawat berupa noda hitam akan hilang dengan bantuan baking soda. Baking soda terdiri dari kristal sodium bicarbonate yang fungsinya adalah untuk mengelupas kulit mati yang ada dipermukaan kulit wajah. Langkah-langkah tutorialnya adalah sebagai berikut : Pertama-tama kita siapkan beberapa sendok teh baking soda dan juga air secukupnya, kemudian campurkan air dan baking soda hingga mengental. Lalu oleskan pada area bekas jerawat yang meninggalkan noda hitam, oles dan pijit pijit lalu diamkan kurang lebih 5 menit setelah itu basuh wajah dengan air hangat. Oleskan pelembab alami usai anda membasuh muka dengan air baking soda. Lakukan hal ini beberapa kali secara rutin untuk menghilangkan noda bekas jerawat pada wajah.

Cara menghilangkan noda bekas jerawat dengan menggunakan Lemon

Lemon, adalah salah satu jenis buah yang dapat digunakan untuk menghilangkan noda bekas jerawat pada wajah. Dengan kandungan asam alfa-hidroksi alami (AHA) yang terdapat pada air perasan lemon akan mampu menghilangkan flek luka hitam bekas jerawat. Selain itu lemon juga berfungsi untuk mempercepat penyembuhan dan revitalisasi kulit wajah menjadi lebih segar dan bersih.

Cara menghilangkan noda jerawat dengan lemon adalah sebagai berikut : pertama-tama buah lemon tersebut kita belah dan kita peras untuk kita ambil airnya. Lalu oleskan air perasan lemon tersebut pada bekas jerawat di wajah, biarkan selama beberapa menit hingga mengering. Setelah itu bilas wajah dengan air bersih dan juga gunakan pelembab untuk menjaga kelembaban kulit setelah diolesin air lemon. Lakukan secara rutin untuk menghasilkan hasil yang sempurna dimana noda bekas jerawat akan bisa hilang secara perlahan apabila anda telaten dan sabar melakukannya.

Nah, diatas adalah cara alami dan murah tentang cara menghilangkan noda bekas jerawat pada wajah. Anda dapat mempraktikkan hal tersebut untuk membuktikannya. Yang jelas, cara ini adalah cara simpel dan sederhana. Sebenarnya ada cara instant menghilangkan jerawat dan noda jerawat pada wajah, yakni dengan mengkonsultasikan ke dokter kulit atau dokter kecantikan. Pasti akan diberi obat yang bagus untuk menghilangkan noda bekas jerawat dan untuk pengobatan jerawat. Namun, tentu saja bila melalui dokter akan merogoh kantong sangat dalam, dan tentunya hal ini kurang bisa diatasi oleh anak ABG yang memiliki uang saku pas-pasan.